Apakah Mobil Listrik Ramah Lingkungan? Ketahui Juga Manfaatnya

Mobil hijau atau mobil ramah lingkungan semakin banyak diproduksi. Salah satu tujuan dibuatnya mobil tersebut yaitu mengurangi dampak negatif ke lingkungan dibandingkan mobil biasanya. Pada umumnya mobil tersebut juga memakai teknologi modern dengan penggunaan emisi dan bahan bakar lebih efisien.

Ada beberapa teknologi ramah lingkungan yang diterapkan di mobil tersebut, seperti mesin listrik, mesin diesel, dan hybrid, berikut penjelasannya:

  • Mesin listrik : Memanfaatkan tenaga dari baterai agar bisa bergerak sehingga emisi tidak dihasilkan.
  • Mesin hybrid : Ini merupakan kombinasi dari motor listrik dan mesin bensin sehingga emisinya lebih rendah namun tetap meningkatkan efisiensi bahan bakar.
  • Mesin diesel : Lebih efisien dalam penerapan teknologi injeksi untuk bahan bakar yang tentunya lebih canggih dalam mengurangi emisi dari gas buang.

Apakah Mobil Listrik Lebih Ramah Lingkungan?

Tidak hanya itu saja, mobil listrik ramah lingkungan juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik sehingga mengurangi dampak buruk ke lingkungan seperti penggunaan material yang ramah lingkungan saat pembuatannya, sistem pengisian baterai dari tenaga matahari, dan sebagainya.

Polusi udara serta emisi gas dari rumah kaca juga bisa berkurang dengan mobil listrik ramah lingkungan. Tapi yang jadi salah satu kekurangan dari mobil listrik adalah pada umumnya dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil biasanya. Selain itu, di Indonesia sendiri pun masih terbatas infrastruktur pengisian baterainya.

Mengapa Disebut Mobil Listrik Ramah Lingkungan?

Mengapa banyak sekali orang yang menyebutkan bahwa mobil listrik lebih ramah lingkungan? Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa mobil listrik tidak menghasilkan emisi gas buang ketika digunakan. Untuk menyimpan energi dan menggerakkan motor listrik, mobil menggunakan baterai. Dengan demikian bahan bakar fosil pun tidak digunakan.

Mobil konvensional menggunakan bahan bakar fosil yang emisi gasnya mengandung banyak sekali zat kimia berbahaya seperti nitrogen oksida, karbon monoksida, dan partikel kecil. Nah, emisi tersebut mampu menimbulkan berbagai masalah lingkungan dan gangguan kesehatan untuk manusia dan hewan.

Energi listrik dari sumber-sumber terbarukan sebagai bahan bakar dari mobil ini memberikan kontribusi besar dalam pengurangan emisi gas rumah kaca. Memberikan dampak peralihan ke sumber energi yang lebih ramah lingkungan.

Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat penggunaan mobil listrik yang tidak 100% ramah lingkungan. Karena saat produksi baterai dari mobil listrik ramah lingkungan ini juga memberikan dampak tersendiri.

Proses dari pembuatan baterainya menggunakan energi yang besar dan bisa menghasilkan emisi gas rumah kaca. Karena hal tersebut, agar memastikan keberlanjutan dari mobil listrik diperlukan pengembangan baterai yang juga lebih ramah lingkungan dan efisien.

Manfaat Mobil Listrik

Dalam penggunaan mobil listrik jangka panjang yang tidak menghasilkan emisi gas buang berbahaya, tentunya mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan polusi udara sehingga mengurangi dampak dari pemanasan global.

Berbagai manfaat lain dari mobil listrik bisa anda simak di bawah ini:

  • Biaya : Memang mobil listrik dibanderol dengan harga tinggi, namun biaya penggunaan yang lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil yang berbahan bakar diesel atau bensin.
  • Kinerja : Untuk kinerja dari mobil listrik juga kuat sehingga mampu memberikan pengalaman berkendara lebih halus kepada para pengguna. Pada umumnya juga mobil listrik nyaman untuk dikendarai.
  • Kesehatan : Seperti yang telah kami jelaskan di atas, mobil listrik tidak menghasilkan emisi gas buang jadi tidak berbahaya untuk kesehatan manusia dan hewan. Jika lebih banyak orang yang beralih dari mobil konvensional ke mobil listrik, tentunya kualitas udara di kota akan lebih baik.
  • Kemudahan : Pemeliharaan lebih sedikit dibandingkan mobil konvensional, mobil listrik dirasa lebih cocok bagi anda yang menyukai kepraktisan dalam perawatan. Ini dikarenakan pada mobil listrik bagian yang bergeraknya tidak begitu banyak. Pengisian ulang mobil listrik juga bisa dilakukan di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *